--> Bundaran Hotel Indonesia


Bundaran Hotel Indonesia dengan Tugu Selamat Datangnya itu adalah satu dari sekian banyak Jakarta building icon. Bangunan monumental ini ada di pertemuan Jl. Tamrin dan Jl. Sudirman. Posisinya sendiri ada di sumbu axis utara – selatan yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok di utara dengan Kebayoran di sisi selatan. Bundaran HI sendiri merupakan taman air, tapi bukan buat berenang yahh.

Di tengah-tengah BHI yang memiliki diameter 100 meter terdapat patung sepasang pemuda – pemudi yang melambaikan bunga. Ini lah yang disebut Tugu Selamat Datang.
Suasana di sekitar BHI jangan kamu pikir nyaman untuk tempat wisata, jakarta macet bos..
Kami merekomendasikan BHI cuma untuk fotografi, dan disarankan sih datengnya malam hari, saat traffic udah rada lengang.

View dengan cahaya lampu yang redup seperti gambar diatas sangat mengandung nilai artistik yang tinggi, gak nyesel deh dateng malem-malem buat bernarsis ria disalah satu bangunan yang jadi icon Jakarta.


sejarahnya :

Ide bangunan ini dari Presiden Soekarno dan dikerjakan oleh pejabat Wakil Gubernur Jakarta saat itu, Henk Ngantung. Dengan setinggi 7 meter dan terbuat dari perunggu, patung tersebut berdiri di atas dua tiang beton setinggi 30 meter.


BHI ini bisa dikatakan merupakan satu kesatuan dari Hotel bintang 5 tertua di Asia Tenggara, Hotel Indonesia (sejak 20 Mei 2009 bernama Hotel Indonesia-Kempinski). Hotel yang dianggap proyek mercusuar Presiden Soekarno ini dibangun dalam rangka pergelaran besar Asian Games IV 1962. Dalam pembangunannya Presiden Soekarno mengobarkan slogan ” A Dramatic Symbol for Free Nation Working Together". Arsitek dari bangunan ini adalah Abel Sorensen dan istrinya Wendy Sorensen yang berkebangsaan Amerika.

source :

wikipedia.org
google.com
flicker.com
wordpress.com
0 Responses

Posting Komentar